PKKMB Unisnu Jepara Tanamkan Karakter Kepada Mahasiswanya

PKKMB Unisnu Jepara Tanamkan Karakter Kepada Mahasiswanya

PKKMB atau Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru adalah acara rutinan yang dilaksanakan oleh unisnu dalam rangka menyambut mahasiswa baru, seperti namanya kegiatan ini diadakan untuk menyambut mahasiswa baru serta memberikan wawasan kepada mereka tentang akademik dan kemahasiswaan di UNISNU Jepara. Kegiatan PKKMB ini juga bertujuan untuk memperkenalkan lingkungan serta kultur kampus Unisnu Jepara, menciptakan dan memberikan rasa nyaman di kampus Unisnu Jepara, serta memberikan motivasi dan semangat agar mahasiswa baru Unisnu Jepara biasa menjadi generasi milenial berprestasi dan berjiwa cendekia, berakhlakul karimah.

Acara PKKMB Unisnu 2019 ini bertemakan “Membentuk Karakter Mahasiswa yang Revolusioner”.  Menurut Nafis Jalaludin ketua panitia PKKMB Universitas tema tersebut diambil karena ingin membentuk karakter para mahasiswa baru yang sedang beradaptasi dengan lingkungan universitas, “Mahasiswa barukan transisi siswa menjadi mahasiswa jadi kami berusaha untuk membentuk karakter mereka untuk lebih mandiri” ungkapnya.

Kegiatan PKKMB Unisnu berlangsung selama 5 hari mulai dari tanggal 3 September 2019 sampai dengan 7 September 2019. Program PKKMB dibagi menjadi tingkat universitas dan tingkat Fakultas, pada hari pertama, kedua dan terakhir adalah tingkat universitas sedangkan tingkat fakultas dilaksanakan pada hari ketiga dan keempat. Selama PKKMB terdapat 5 fokus materi yang disampaikan kepada mahasiswa baru yaitu materi Keunisnuan, Keaswajaan, Sistem SIAMA, talkshow industri 4.0 dan tentang Kebangsaan.

Karakter yang ingin dihasilkan juga karakter Aswaja pada kegiatan PKKMB juga selain ada sesi sholat lima waktu, mereka juga dibiasakan untuk melakukan sholat sunnah yaitu sholat dhuha. “ini merupakan saran juga dari pak Rektor” imbuhnya.

“Dari pengenalan kehidupan kampus ini harapannya nanti maba/miba semangat kuliah, senang berorganisasi, memiliki pemikiran yang terbuka serta mampu berinteraksi dengan teman dan lingkungan yang ada” tutur Nafis. 


Sambutan Rektor dalam PKKMB Unisnu 2019


Admin FEB

Komentar