Konsentrasi Program Studi Akuntansi

Konsentrasi Akuntansi Sektor Publik

Konsentrasi Akuntansi Sektor Publik bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang mampu memahami dan mengimplementasikan dasar-dasar ilmu akuntansi dan prinsip prinsip dasar Akuntansi Sektor Publik dalam organisasi dan bisnis serta mampu mengidentifikasi dan menganalisis serta mengambil keputusan manajerial terhadap masalah keuangan di organisasi dan bisnis.

Oleh karena itu, sebagai penunjang penguasaan tersebut mahasiswa dibekali dengan beberapa ilmu khusus untuk konsentrasi tersebut diantaranya adalah mata kuliah Akuntansi Keuangan Daerah, Akuntansi Organisasi nir Laba, Akuntansi Keperilakuan dan lain sebagainya.

Konsentrasi Akuntansi Keuangan

Konsentrasi Akuntansi Keuangan bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang mampu memahami dan mengimplementasikan dasar-dasar ilmu akuntansi dan prinsip prinsip dasar akuntansi keuangan dalam organisasi dan bisnis serta mampu mengidentifikasi dan menganalisis serta menggunakan informasi akuntansi untuk mencari solusi terhadap masalah akuntansi serta serta mengambil keputusan terhadap masalah keuangan di organisasi dan bisnis.

Oleh karena itu, sebagai penunjang penguasaan tersebut mahasiswa dibekali dengan beberapa ilmu khusus untuk konsentrasi tersebut diantaranya adalah mata kuliah AKuntansi Biaya, Akuntansi Manajemen, Akuntansi Syariah, Akuntansi Keuangan Menengah, Akuntansi Keuangan Lanjutan, Akuntansi Sektor Publik, Analisa Laporan Keuangan, Akuntansi Perbankan dan lain sebagainya.

Konsentrasi Akuntansi Syari'ah

Konsentrasi Akuntansi Sektor Publik bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang mampu memahami dan mengimplementasikan dasar-dasar ilmu akuntansi dan prinsip prinsip dasar Akuntansi Syariah dalam organisasi dan bisnis serta mampu mengidentifikasi dan menganalisis serta mengambil keputusan manajerial terhadap masalah keuangan di organisasi dan bisnis.

Oleh karena itu, sebagai penunjang penguasaan tersebut mahasiswa dibekali dengan beberapa ilmu khusus untuk konsentrasi tersebut diantaranya adalah mata kuliah Akuntansi Syariah, Akuntasi Syariah Lanjutan dan lain sebagainya.

Deskripsi Singkat Tentang Program Studi Akuntansi

Program Studi Akuntansi berdirinya bersamaan dengan berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nahdlatul Ulama’ (STIENU) Jepara yaitu pada tahun 1997 sesuai dengan Surat Keputusan MENDIKBUD NO. 68/D/0/1997, dimana STIENU Jepara dibawah naungan Yayasan Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama’ (YAPTINU). Program Studi Akuntansi merupakan satu-satunya program studi yang ada di Jepara. Progam Studi Akuntansi yang pada tahun 2003 mendapatkan perpanjangan ijin penyelenggaraan program studi dari Dirjen Dikti sesuai dengan Surat Keputusan Dirjen DIKTI Nomor 3340/D/T/2003.

Sasaran Program Studi Akuntansi adalah terselenggaranya proses pembelajaran yang berorientasi pada kesiapan lulusan agar mampu berperan sebagai tenaga professional dibidang akuntansi, yang berpijak pada kepercayaan (trust) masyarakat dan pemenuhan kebutuhan stakeholder serta meningkatkan kualitas hidup berdasarkan nilai-nilai ke Indonesiaan. Oleh karena itu komitmen terhadap kualitas dan perbaikan berkesinambungan dijadikan sebagai dasar dalam setiap tindakan.

Visi

  1. Menjadi Program Studi Berbasis ICT, Kompetitif, Unggul Dan Berakhlakul Karimah

Misi                                          

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang ekonomi bisnis yang profesional dan berdaya saing;
  2. Mengembangkan  ilmu ekonomi dibidang bisnis melalui kegiatan penelitian yang berakar pada kearifan lokal dan teknologi tepat guna;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dibidang ekonomi bisnis serta peduli terhadap masalah-masalah yang dihadapi masyarakat, pelaku usaha dan pemerintah;
  4. Mengembangkan Kerjasama untuk dapat bersinergi dengan pihak perguruan tinggi lain, masyarakat, pelaku usaha, dan pemerintah dalam menyelenggarakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  5. Mengelola lembaga dengan baik (good governance) dengan melaksanakan prinsip-prinsip penjaminan mutu (quality assurance)
     

Kompetensi Prodi                    

Kompetensi Program Studi AKUNTANSI yang diharapkan setelah menyelesaikan semua proses pembelajaran adalah

  1. Mampu memahami konsep-konsep ilmiah Ekonomi Akuntansi dan mengembangkannya
  2. Mampu mengintegrasikan antar disiplin ilmu baik secara individu maupun kelompok
  3. Mampu memberikan solusi kreatif dan inovatif dalam bidang akuntansi.
  4. Dari Profil lulusan diatas diharapkan lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Nahdlatul Ulama’ Jepara akan menjadi akuntan dibidang keuangan.

Capaian Pembelajaran              

Dalam pencapaian visi secara bertahap Program Studi Akuntansi mempunyai tujuan sebagai berikut:

  1. Terselenggaranya layanan pendidikan yang bermutu tinggi, terjangkau, dan relevan dengan tuntutan dan perkembangan zaman baik pada tataran lokal, nasional, maupun global;
  2. Terwujudnya pengembangan ilmu ekonomi bidang bisnis yang berakar pada nilai-nilai kearifan lokal, universal dan islami;
  3. Terciptanya budaya akademik dan penelitian bermutu pada seluruh sivitas akademika;
  4. Terwujudnya kerjasama antar dunia pendidikan, pelaku usaha, dan pemerintah dalam pengembangan ilmu ekonomi bidang bisnis dan perbankan;
  5. Terwujudnya pengakuan atas pengalaman dan termanfaatkannya temuan-temuan inovatif dan kreatif dalam disiplin ilmu ekonomi bidang bisnis dan perbankan di masyarakat;
  6. Terwujudnya kelembagaan yang sehat, otonom dan berdaya saing.