Konsentrasi Program Studi Ekonomi Islam

Konsentrasi Islamic Banking (Perbankan Syariah)

Konsentrasi Perbankan Syariah bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang mampu memahami dan mengimplementasikan dasar-dasar ilmu ekonomi & keuangan islam, mampu mengidentifikasi dan menganalisis serta mengambil keputusan manajerial terhadap masalah perbankan syariah serta Mampu menjunjung tinggi dan mengimplementasikan nilai moral dan etika islam.

Oleh karena itu, sebagai penunjang penguasaan tersebut, mahasiswa dibekali dengan disiplin keilmuan yang tertuang dalam mata kuliah seperti Studi Kelayakan Bisnis Perbankan Syariah, Inovasi Produk Perbankan Syariah Kontemporer, Fiqih Perbankan Syariah, Sistem Informasi Perbankan Syariah, Lembaga Keuangan Mikro Syariah, Komunikasi Bisnis Syariah, Analisis Pembiayaan dan Resiko Perbankan Syariah, Etika Bisnis Syariah, Analisa Laporan Keuangan Syariah, Manajemen Pemasaran Syariah, Manajemen Keuangan Islam, Manajemen SDM Islami, Akuntansi Syariah, Manajemen Investasi Syariah, Fikih Muamalah dll.

Maka, output yang diharapkan mahasiswa ahli dibidang manajemen keuangan syariah, akuntansi syariah dan hukum muamalah (hukum fikih) sehingga selalu siap menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam dunia perbankan serta tercipta keserasian antara kebutuhan duniawi yang membawa berkah, maslahah dan fallah serta kebahagian pada dunia ukhrowi.

Konsentrasi Islamic Finance (Keuangan Syariah)

Konsentrasi Keuangan Syariah bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang mampu memahami dan mengimplementasikan dasar-dasar ilmu ekonomi & keuangan islam, Mampu memahami dan mengimplementasikan dasar-dasar ilmu industri keuangan  syariah, Mampu mengidentifikasi dan menganalisis serta mengambil keputusan manajerial terhadap masalah – masalah pada industri keuangan  syariah, Mampu mengidentifikasi dan menganalisis serta mengambil keputusan manajerial terhadap masalah – masalah pada industri keuangan syariah.

Oleh karena itu, sebagai penunjang penguasaan tersebut, mahasiswa dibekali dengan disiplin keilmuan yang tertuang dalam mata kuliah seperti Manajemen Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Syariah, Hukum Bisnis dan Abitrase Syariah, Lembaga Keuangan Mikro Syariah, Komunikasi Bisnis Syariah, Analisis Pembiayaan dan Resiko Perbankan Syariah, Etika Bisnis Syariah, Analisa Laporan Keuangan Syariah, Manajemen Pemasaran Syariah, Manajemen Keuangan Islam, Manajemen SDM Islami, Akuntansi Syariah, Manajemen Investasi Syariah, Fikih Muamalah, Studi Kelayakan Bisnis Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Syariah dll.

Maka, output yang diharapkan mahasiswa ahli dibidang manajemen keuangan syariah, akuntansi syariah dan hukum muamalah (hukum fikih) sehingga selalu siap menerapkan prinsip-prinsip syariah dalam dunia perbankan serta tercipta keserasian antara kebutuhan duniawi yang membawa berkah, maslahah dan fallah serta kebahagian pada dunia ukhrowi.

Deskripsi Singkat Tentang Program Studi Ekonomi Islam

Tingginya pertumbuhan ekonomi dan keuangan Islam, khususnya pada sektor perbankan syariah dan industri keuangan non bank (IKNB) syariah menjadikan lahirnya Program Studi Ekonomi Islam FEB UNISNU Jepara dengan tujuan supaya pemtumbuhan tersebut juga diimbangi dengan sumber daya manusia (SDM) yang memadai baik dari sisi kuantitas maupun kualitas. Maka, peserta program studi ini diharapkan menjadi pelaku ekonomi Islam yang handal, mahir dan berakhlakul karimah sesuai pilihan konsentrasi Perbankan Syariah dan IKNB Syariah

Visi

Menjadi Program Studi Ekonomi Islam unggul berbasis ICT dibidang Ekonomi dan Keuangan Islam yang Cendikia dan Berakhlakul Karimah dilandasi nilai-nilai ahlusunnah wal jamaah di tingkat nasional pada tahun 2025

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang ekonomi & keuangan Islam dengan kurikulum kekinian sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi perbankan dan keuangan Islam kontemporer;
  2. Melakukan penelitian dibidang ilmu ekonomi, perbankan & keuangan Islam yang memberikan manfaat ditingkat  lokal dan nasional ;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat di bidang ekonomi & keuangan Islam serta peduli terhadap masalah-masalah yang dihadapi masyarakat, pelaku usaha dan pemerintah;
  4. Menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi lain, masyarakat, pelaku usaha, dan pemerintah ditingkat lokal, nasional dan internasional dibidang ekonomi & keuangan Islam.
  5. Mengelola program studi ekonomi islam dengan baik (good governance) dengan melaksanakan prinsip-prinsip penjaminan mutu (quality assurance).

 

Kompetensi Utama

  1. Mampu memahami dan mengimplementasikan dasar-dasar ilmu ekonomi & keuangan islam
  2. Mampu memahami dan mengimplementasikan dasar-dasar ilmu perbankan syariah
  3. Mampu memahami dan mengimplementasikan dasar-dasar ilmu keuangan non bank syariah

Kompetensi Pendukung

  1. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis serta mengambil keputusan manajerial terhadap masalah-masalah pada perbankan syariah.
  2. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis serta mengambil keputusan manajerial terhadap masalah – masalah pada industri keuangan non bank (IKNB) syariah.

Kompetensi Lainnya

  1. Mampu menjunjung tinggi dan mengimplementasikan nilai moral dan etika islam.
  2. Memiliki kesadaran dan tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan untuk membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai lokal, nasional dan global.
  3. Memiliki jiwa kewirusahaan dan kepekaan terhadap isu-isu ekonomi & keuangan Islam dan bisnis lokal, nasional maupun global serta peka terhadap perkembangan teknologi.
  4. Memiliki daya saing dalam memajukan kesejahteraan masyarakat yang mengacu pada nilai budaya dan agama.

Capaian Pembelajaran

Output dari peserta Program Studi Ekonomi Islam yang diharapkan setelah menyelesaikan semua proses pembelajaran adalah:

  1. Mampu memahami konsep-konsep ilmiah Ekonomi & Keuangan Islam dan mengembangkannya.
  2. Mampu mengintegrasikan antar disiplin ilmu baik secara individu maupun kelompok
  3. Mampu memberikan solusi kreatif dan inovatif dalam bidang Ekonomi & Keuangan Islam.
  4. Maka, lulusan Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Nahdlatul Ulama’ Jepara akan menjadi Dewan Pengawas Syariah (DPS), Pengusaha, Manajer, Konsultan, Marketing, Pendidik & Peneliti dibidang Ekonomi & Keuangan Islam