Konsentrasi Program Studi Manajemen

Konsentrasi Manajemen Operasional

Konsentrasi Manajemen Operasional bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang mampu memahami dan mengimplementasikan dasar-dasar ilmu serta prinsip-prinsip dasar manajemen dalam organisasi dan bisnis serta mampu mengidentifikasi dan menganalisis serta mengambil keputusan manajerial terhadap masalah operasional di organisasi dan bisnis.

Oleh karena itu, sebagai penunjang penguasaan tersebut mahasiswa dibekali dengan beberapa ilmu khusus untuk konsentrasi tersebut diantaranya adalah mata kuliah Manajemen Operasional, Perlaku Organisasi, Manajemen Mutu dan Produksi, Manajemen Proyek, Perencanaan Produksi, Manajemen Operasional Jasa, Riset Operasional, Pengendalian Produksi, Manajemen Lokasi, Manajemen Logistik, Manajemen Operasional Internasional dan lain sebagainya.

Konsentrasi Manajemen Pemasaran

Konsentrasi Manajemen Pemasaran Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNISNU Jepara bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang mampu memahami dan mengimplementasikan dasar-dasar ilmu manajemen dan prinsip dasar pemasaran dalam organisasi dan bisnis serta mampu mengidentifikasi dan menganalisis serta mengambil keputusan manajerial terhadap masalah pemasaran di organisasi dan bisnis.

Oleh karena itu, sebagai penunjang penguasaan tersebut mahasiswa dibekali dengan beberapa ilmu khusus untuk konsentrasi tersebut diantaranya adalah mata kuliah Manajemen Pemasaran, Manajemen Pemasaran Jasa, Perilaku Organisasi, Perilaku Konsumen, Manajemen Retail, Komunikasi Pemasaran dan Promosi, Riset Pemasaran, e-Commerce, Majemen Penjualan, Manajemen Distribusi dan Logistik, Manajemen Pemasaran Internasional, Manajemen Pemasaran Syariah dan lain sebagainya.

Konsentrasi Manajemen Keuangan

Konsentrasi Manajemen Keuangan bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang mampu memahami dan mengimplementasikan dasar-dasar ilmu manajemen dan prinsip prinsip dasar keuangan dalam organisasi dan bisnis serta mampu mengidentifikasi dan menganalisis serta mengambil keputusan manajerial terhadap masalah keuangan di organisasi dan bisnis.

Oleh karena itu, sebagai penunjang penguasaan tersebut mahasiswa dibekali dengan beberapa ilmu khusus untuk konsentrasi tersebut diantaranya adalah mata kuliah Manajemen Keuangan, Manajemen Investasi, Manajemen Keuangan Internasional, Anggaran Perusahaan, Manajemen Perbankan, Manajemen Investasi, Manajemen Resiko, Perencanaan Keuangan, Pasar Modal dan Pasar Uang dan lain sebagainya.

Konsentrasi Manajemen Sumberdaya Manusia

Konsentrasi Manajemen Sumberdaya Manusia bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang mampumemahami dan mengimplementasikan dasar-dasar ilmu manajemen serta prinsip-prinsip dasar manajemen sumber dasaya manusia (SDM) dalam organisasi dan bisnis serta mampu mengidentifikasi dan menganalisis serta mengambil keputusan manajerial terhadap masalah SDM di organisasi dan bisnis.

Oleh karena itu, sebagai penunjang penguasaan tersebut mahasiswa dibekali dengan beberapa ilmu khusus untuk konsentrasi tersebut diantaranya adalah mata kuliah Manajemen Kerja, Teori Organisasi, Manajemen Karir, Kepemimpinan, MSDM Islami, MSDM Internasional, Manajemen Konflik, Manajemen Perubahan, Manajemen UMKM dan lain sebagainya

Deskripsi Singkat Tentang Program Studi Manajemen

Program Studi Manajemen mulai beroperasi bersamaan dengan berdirinya Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Nahdlatul Ulama’ (STIENU) Jepara yaitu pada tahun 1997 sesuai dengan SK Mendikbud No: 68/D/0/1997. Dan saat ini berubah bentuk menjadi FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNISNU TANGGAL 26 APRIL 2013 dengan SK MENDIKBUD nomor: 149/E/O/2013
Hingga saat ini Program Studi Manajemen telah meluluskan 620 lulusan yang telah tersebar di berbagai bidang lapangan pekerjaan, baik sebagai PNS, Karyawan Bank BUMN/Swasta, wirausahawan maupun sebagai karyawan, khususnya pada bidang usaha industri kayu dan mebel. 

Program Studi Manajemen memiliki dosen sebanyak 35 orang. Baik dosen tetap maupun dosen tidak tetap. Yang sesuai dengan kompetensinya masing-masing. Dosen Program Studi Manajemen melakukan kegiatan perkuliahan, bimbingan akademik, bimbingan magang dan bimbingan penelitian maupun penulisan skripsi.

Sejak tahun akademik 2007/2008 FEB UNISNU Jepara telah memiliki gedung yang representatif berlantai tiga dengan fasilitas lengkap, yaitu semua ruang kuliah sudah dilengkapi AC, LCD projector beserta screen, sound sistem built-in, fasilitas internet hot spot (wifi), laboratorium komputer dan internet, akuntansi, dan ruang seminar yang memadai serta memiliki Laboraturium diantaranya: Laboratorium mini bank, Laboratorium wirausaha, Labiraturium Perpajakan, Laboraturium Bahasa, Laboraturium IT. Selain fasilitas yang ada program studi manajemen juga memiliki sistem informasi manajemen terpadu (SIAKAD), Anjungan sistem informasi akademik untuk mahasiswa dan Sistem pembelajaran berbasis internet (e-learning).

Visi

Menjadi Program Studi Manajemen Unggul Dalam Bidang Manajerial, Cendekia Dan Berakhlakul Karimah pada Tahun 2025.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang ilmu manajemen yang profesional dan berdaya saing internasional;
  2. Meningkatkan produktivitas tenaga pendidik dalam mengembangkan  ilmu manajemen melalui kegiatan penelitian yang bermanfaat;
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dibidang manajemen serta peduli terhadap masalah-masalah yang dihadapi masyarakat, pelaku usaha dan pemerintah;
  4. Mengembangkan Kerjasama untuk dapat bersinergi dengan pihak perguruan tinggi lain, masyarakat, pelaku usaha, dan pemerintah dalam menyelenggarakan kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.
  5. Mengelola lembaga dengan baik (good governance) dengan melaksanakan prinsip-prinsip penjaminan mutu (quality assurance)

Kompetensi Utama

  1. Mampu memahami dan mengimplementasikan dasar-dasar ilmu manajemen dalam organisasi dan bisnis
  2. Mampu memahami dan mengimplementasikan prinsip dasar manajemen pemasaran dalam organisasi dan bisnis.
  3. Mampu memahami dan mengimplementasikan prinsip dasar manajemen operasional dalam organisasi dan bisnis
  4. Mampu memahami dan mengimplentasikan prinsip dasar manajemen keuangan dalam organisasi dan bisnis
  5. Mampu memahami dan mengimplementasikan prinsip dasar manajemen sumber daya manusia (SDM) dalam organisasi dan bisnis.

Kompetensi Pendukung

  1. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis serta mengambil keputusan manajerial terhadap masalah operasional di organisasi dan bisnis.
  2. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis serta mengambil keputusan manajerial terhadap masalah keuangan di organisasi dan bisnis.
  3. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis serta mengambil keputusan manajerial terhadap masalah pemasaran di organisasi dan bisnis.
  4. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis serta mengambil keputusan manajerial terhadap masalah SDM di organisasi dan bisnis.

Kompetensi Lainnya

  1. Mampu menjunjung tinggi dan mengimplementasikan nilai moral dan etika yang sesuai dengan norma agama dan budaya masyarakat.
  2. Memiliki kesadaran dan tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan untuk membangun kehidupan yang damai berdasarkan sistem nilai lokal dan nasional serta norma agama.
  3. Memiliki jiwa kewirusahaan dan kepekaan terhadap isu-isu manajemen dan bisnis lokal maupun global serta peka terhadap perkembangan teknologi.
  4. Memiliki daya saing dan nilai kebersamaan dalam memajukan kesejahteraan masyarakat luas dengan tetap mengacu pada nilai budaya masyarakat dan norma agama.

Capaian Pembelajaran

Profil Lulusan Program Studi MANAJEMEN yang diharapkan setelah menyelesaikan semua proses pembelajaran adalah

  1. Mampu memahami konsep-konsep ilmiah Ekonomi Manajemen dan mengembangkannya
  2. Mampu mengintegrasikan antar disiplin ilmu baik secara individu maupun kelompok
  3. Mampu memberikan solusi kreatif dan inovatif dalam bidang manajemen.
  4. Dari Profil lulusan diatas diharapkan lulusan Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Nahdlatul Ulama’ Jepara akan menjadi MANAJER dibidang Pemasaran, Bidang Keuangan, Bidang SDM, dan Bidang Operasional.