Selangkah Menuju IBiKK


LAPORAN HASIL IbM

Oleh: Fatchur Rohman, SE, M.Pd

Lembaga keuangan mikro yang saat ini mulai banyak berdiri mempunyai peran penting bagi kegiatan ekonomi masyarakat. Dengan adanya lembaga tersebut masyarakat semakin mudah menjalankan kegiatan ekonomi terutama terpenuhinya kebutuhan modal usaha. Selain program pemberian pinjaman yang diberikan oleh lembaga, masyarakat juga mulai kebiasaan yang baik yaitu menyimpan uang pada lembaga keuangan. ibm1 Untuk menjalankan kegiatan lembaga keuangan ternyata tidak semudah membalik telapak tangan. Persyaratan penting yang perlu dimiliki oleh KSP/USP  sebagai lembaga keuangan ialah harus menjaga kredibilitas atau kepercayaan dari anggota pada khususnya dan/atau masyarakat luas pada umumnya. Namun demikian untuk melaksanakan perannya sebagai lembaga keuangan, KSP dan Unit Usaha Simpan Pinjam Koperasi masih dihadapkan pada berbagai kendala yang disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:
  1. Belum dimilikinya  Standar Operasional Prosedur tentang  Manajemen Kelembagaan, Manajemen Usaha dan Manajemen Keuangan.
  2. Belum dimilikinya Sistem Informasi Keuangan yang memudahkan untuk mengambil keputusan dengan cepat dan akurat.
Melihat Kenyataan tersebut diatas, maka Pada awal tahun 2013 STIENU (sekarang bernama FEB UNISNU) Jepara mencoba mengajukan program pendampingan bagi lembaga keuangan mikro melalui  program Iptek bagi Masyarakat (IbB) untuk membuat system aplikasi computer  bagi KSP/USP dan Standar Operasional  Prosedur untuk koperasi serba usaha “SUMBER MAKMUR” Petekeyan Jepara dan Koperasi Simpan Pinjam “MITRA USAHA MANDIRI” Jepara.  Proposal tersebut  setuju untuk dibiayai dari Dikti. Pada tanggal 22 Nopember 2013 dilakukan rivewer oleh Prof. Olik. hasil reviewer tersebut ternyata usulan dari tim untuk segera di lanjutkan ke  program Iptek Bagi Inovasi Kewirausahaan Kampus ( IBiKK). Berdasarkan masukan dan saran tim rivewer tersebut ketua tim  Much. Imron, SE, MM. Memantapkan diri untuk melanjutkan program tersebut, dengan  mengajukan proposal  IBikk  Bisnis Solution Fakultas Ekonomi dan Bisnis.   IBikk Bisnis solution ini akan melayani beberapa program bagi dunia usaha diantaranya:
  1. Konsultasi Usaha
  2. Konsultasi Laporan Keuangan
  3. Audit Keuangan
  4. Konsultasi Pajak
  5. Pembuatan software aplikasi (Pertokoan, KSP/KJKS, perdagangan, percetakan, dll)
ibm11 Harapan dari kegiatan tersebut adalah menjawab permasalahan bisnis yang ada di Kabupaten Jepara. Disamping juga sebagai wahana bagi dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis khususnya serta bagi dosen dosen yang lain agar tertarik untuk aplikasi dari ilmu pengetahuan yang dimiliki. Sehingga tidak ada pemisahan antara ilmu pengetahuan teori dengan ilmu praktek, artinya bahwa ilmu pengetahuan itu harus dilaksankana supaya bias membantu kesulitan kesulitan yang ada di masyarakat. Sehingga keberadaan perguruan tinggi di tengah tengah masyarakat benar benar mampu untuk mencerdasaskan kehidupan masyarakat tersebut.  

Admin Unisnu

Komentar